Rahasia Agar Daging Empuk dan Tidak Alot

Rahasia Agar Daging Empuk dan Tidak Alot

Salah satu tantangan dalam mengolah daging merah seperti sapi dan kambing adalah membuatnya menjadi empuk. Meskipun kita menggunakan bumbu masak yang enak dan resep teruji, pasti akan mubazir jika dagingnya keras atau alot.

Masakan daging sapi yang lezat ditandai dengan daging yang lembut dan mudah dicerna. Tenang saja Bu, tidak sulit kok mengolah masakan daging sapi agar lembut, empuk dan lezat. Berikut tips-tipsnya.

Potong Daging Melintang Seratnya

Cara memotong daging ternyata bisa mempengaruhi daging empuk atau tidak. Memotong daging yang benar adalah melawan alur urat dan seratnya. Memotong dengan cara ini bisa membantu agar daging menjadi empuk setelah dimasak nanti, dan tentunya menjadi masakan daging sapi yang lezat.

Pukul-Pukul Daging

Cara lain agar masakan daging sapi empuk dan lezat adalah memukul-mukul daging sebelum dimasak. Cara ini melemaskan otot-otot daging sapi dan serat-seratnya sehingga lebih lembut dan empuk setelah dimasak nanti. Memukul-mukul daging bisa dilakukan dengan palu atau tangan kosong.

Gunakan Meat Crusher Tool

Ini adalah salah satu cara paling mudah, cepat dan praktis untuk mendapatkan daging yang empuk sekaligus bumbu lebih meresap. Alat ini mempunyai 24 mata jarum yang berfungsi memotong serat daging sehingga lebih lunak dan empuk

Meat Crusher berfungsi untuk menghaluskan daging, Mau Memilikinya?, Klik gambar

Kelebihan lainnya adalah, bumbu-bumbu dapat meresap 10x lebih sempurna ke dalam daging sehingga rasanya lebih enak. Anda bisa beli Meat Crusher di Resep Gerai Maiza. Untuk pemesanan langsung klik gambar diatas

Bungkus Dengan Daun Pepaya

Cara ini sangat umum digunakan. Daun pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai pelunak serabut daging. Caranya: Remas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian bungkus daging secara merata, diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dimasak. Cara ini cocok untuk masakan daging yang dibakar seperti sate atau steak.

Berikan Bumbu

Membumbui daging sapi sebelum memasaknya juga ternyata bisa membuat masakan daging sapi jadi lebih empuk, lho! Kebanyakan bahan yang digunakan dalam bumbu mengandung asam (misalnya cuka). Bahan ini akan mengolah daging sapi agar tidak alot, bahkan sebelum dimasak sehingga menghasilkan masakan daging sapi yang empuk.

Atur Temperatur

Seringkali masakan daging sapi tidak dilakukan dengan benar karena cara memasaknya yang salah. Terlalu matang akan membuat daging alot dan sulit dikunyah, dan ini biasanya dikarenakan memasak daging di temperatur yang salah. Biasanya temperatur yang tepat untuk masakan daging sapi agar empuk adalah 145 derajat Fahrenheit.

Masak Perlahan

Daging sapi, terutama yang tebal membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dimasak. Memasak daging sapi secara perlahan akan menghancurkan jaringan-jaringan di dalam dagingnya sehingga lebih empuk dan sedap untuk disantap. Namun hati-hati, memasak daging sapi terlalu lama akan membuatnya terlalu matang sehingga keras dan sulit dikunyah.

Cara di atas perlu anda coba-coba dan disesuaikan sendiri agar hasilnya sesuai dengan keinginan anda. Sebab, belum tentu daging yang terlalu empuk cocok dengan selera atau masakan yang akan anda siapkan dan sebagian dari cara di atas dapat merubah rasa daging.

Selamat mencoba. Budayakan share!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *